Kamis, 15 Desember 2011

Penyelamatan Owa Kalaweit


Owa-owa yang berjumlah sekitar 136 ekor ini, akan dipersiapkan untuk bertahan hidup di alam liar oleh Yayasan Kalaweit di Kabupaten Barito Utara, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Tim Jejak Petualang beruntung memiliki kesempatan untuk menyaksikan dari dekat upaya penyelamatan Owa.

Owa di yayasan ini didominasi oleh jenis Hylobates Albibarbis dan Hylobates Mueleri, keduanya adalah Owa endemik Kalimantan. Kebanyakan para Owa ini dipelihara oleh penduduk lokal, tanpa menyadari dampak lanjutannya yang bisa berakibat tragis. Owa bisa kehilangan naluri, kesulitan mencari pasangan hidup. Padahal, pasangan hidup penting bagi Owa untuk berkoloni menentukan daerah kekuasaan untuk hidup dan bergenerasi.
Bagi seorang pionir berwarganegara Perancis, Chanee, yang mendirikan yayasan ini, tantangan tidak berhenti hanya sampai menyiapkan Owa ke alam liar tapi juga sebisa mungkin menghentikan pembabatan hutan, tempat hidup para Owa. Saksikan Jejak Petualang, episode Penyelamatan Owa Kalaweit, Senin, 19 Desember 2011, jam 16.00 WIB yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar